Menu

FKIK UM Banjarmasin Adakan Workshop Metode Pembelajaran Student Centered Learning (SCL)

IMG_2003Assalamualaikum..

Dalam dunia keperawatan yang semakin kompleks saat ini, tuntutan keilmuan akademik yang tinggi sudah menjadi mutlak harus didampingi oleh skill yang mumpuni. Sudah menjadi keharusan harus diiringi sebuah metode pembelajaran yang tepat sasaran dilaksanakan disebuah proses pengajaran.

Sejak dahulu kita mengenal model pembelajaran yang selama ini dilakukan yaitu model pembelajaran konvensional (faculty teaching) atau yang dikenal dengan Teacher Centre Learning (TCL) seperti model kuliah mimbar, kental dengan suasana instruksional dan dirasa kurang sesuai dengan dinamika perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang demikian pesat.

Lebih dari itu kewajiban pendidikan dituntut untuk juga memasukkan nilai-nilai moral, budi pekerti luhur, kreatifitas, kemandirian dan kepemimpinan, yang sangat sulit dilakukan dalam sistim pembelajaran yang konvensional, dimana kompetensi soft skill tersebut sangat membantu lulusan untuk berhasil dalam dunia kerja. Sistim pembelajaran konvensional kurang flexsibel dalam mengakomodasi perkembangan materi perkuliahan karena dosen harus intensif menyesuaikan materi dengan perkembangan teknologi terbaru. Kurang bijaksana jika perkembangan teknologi jauh lebih cepat dibanding dengan kemampuan dosen dalam menyesuaikan materi perkuliahan dengan perkembangan tersebut, karena dapat dipastikan lulusan akan memiliki kompetensi yang kurang (penguasaan pengetahuan /teknologi terbaru). Sehingga dengan latar belakang tersebut maka pola pembelajaran konvensional atau paradigma Faculty teaching ke Student-Centered Learning (SCL) sangat tepat untuk di implementasikan pada proses pembelajaran. Metode Student Centered Learning (SCL) juga memiliki banyak keunggulan diantaranya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya mengembangkan potensi terpendam mahasiswa secara optimal.

Selasa, 25 Juli 2017 Fakultas Keperawatan & Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Banjarmasin mengadakan “Workshop Metode Pembelajaran Student Centered Learning (SCL) Prodi S1 Keperawatan”. Bertempat di Auditorium Fave Hotel, diikuti 62 Peserta yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan FKIK. Acara dibuka oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Prof. Dr. H. Ahmad Khairuddin, beliau dalam sambutannya mengatakan bahwa Universitas Muhammadiyah Banjarmasin selalu mendukung dilaksanakannya kegiatan-kegiatan seperti ini. Dengan dilaksanakannya Workshop Metode Pembelajaran Student Centered Learning ini, dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap proses pembelajaran yang dilakukan oleh dosen-dosen khususnya prodi keperawatan, baik S1 maupun D3 Keperawatan, sehingga mutu dan kualitas lulusan menjadi semakin meningkat.

Maju terus UM Banjarmasin…

IMG_2009 IMG_2005 IMG_2012

Bagikan melaui Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

Berikan Komentar

Proses...