Menu

Gelar Wisuda Dan Angkat Sumpah, UM Banjarmasin Bangga Hasilkan Lulusan Yang Berkualitas Dan Berdaya Guna

Universitas Muhammadiyah Banjarmasin menggelar Wisuda dan Angkat Sumpah bagi lulusan dari Program Studi Magister Keperawatan, Profesi Ners, S1 Keperawatan, S1 Farmasi, S1 Arsitektur, S1 Psikologi dan D3 Kebidanan. Acara dilaksanakan secara hibrid; luar jaringan (luring) dan dalam jaringan (daring). Acara luring bertempat di Studio Adijani Al Alabij Kampus Utama UM Banjarmasin, sedangkan versi daring dilaksanakan melalui media konferensi video Zoom Meeting. Seluruh peserta Wisuda dan Angkat Sumpah diwajibkan untuk melewati tahap screening yakni swab antigen COVID-19 guna mengidentifikasi adanya calon peserta yang dinyatakan positif terinfeksi COVID-19. Tes swab antigen COVID-19 dilaksankan satu hari sebelum pelaksanaan Wisuda dan Angkat Sumpah, yakni sebelum pelaksanaan acara geladi bersih. Hasil tes swab antigen COVID-19 menjadi tiket bagi calon peserta Wisuda dan Angkat Sumpah untuk mengikuti acara secara luring. Peserta Wisuda dan Angkat Sumpah yang dinyatakan positif COVID-19 diarahkan untuk mengikuti acara secara daring sembari menjalani isolasi mandiri di tempat tinggal masing-masing.

 

Acara Wisuda dan Angkat Sumpah dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 23 Maret 2021 dan diikuti oleh sejumlah 158 orang peserta dengan perincian sebagai berikut:

  • S2 Keperawatan: 5 orang
  • Profesi Ners: 80 orang
  • S1 Keperawatan: 42 orang
  • D3 Kebidanan: 4 orang
  • S1 Farmasi 22 orang
  • S1 Psikologi: 1 orang
  • S1 Arsitektur: 1 orang

Adapun raihan predikat kelulusan dapat dirincikan sebagai berikut:

  • Dengan Pujian: 40 orang
  • Sangat Memuaskan: 114 orang
  • Memuaskan: 4 orang

Predikat Dengan Pujian diraih 3 orang lulusan dari Program Studi S2 Keperawatan, 22 orang dari Program Studi Profesi Ners, 5 orang dari Program Studi S1 Keperawatan, dan 10 orang dari Program Studi S1 Farmasi.

 

Secara keseluruhan, 8 besar lulusan terbaik UM Banjarmasin pada Wisuda dan Angkat Sumpah kali ini adalah sebegai berikut:

No. Nama Lulusan IPK Prgram Studi
1. Isnawati, Ns., M.Kep 3,99 S2 Keperawatan
2. Sri Purwanti Ariani, Ns., M.Kep 3,97 S2 Keperawatan
3. Indah Nurhayati, S.Kep., Ns 3,94 Profesi Keperawatan
4. Fithria Ilma, S.Farm 3,90 S1 Farmasi
5. Reza Herdian Fadilla, S.Kep., Ns 3,89 Profesi Keperawatan
6. Dion Mulia Anggara Putra, S.Kep., Ns 3,88 Profesi Keperawatan
7. Lydia Agustina, S.Farm 3,86 S1 Farmasi
8. Laila Eka Pratiwi S.N., S.Farm 3,84 S1 Farmasi

 

Rektor UM Banjarmasin, Prof. Dr. H. Ahmad Khairuddin, M.Ag dalam pidato Laporan Pendidikan yang disampaikannya berpesan kepada lulusan untuk senantiasa sadar akan esensi dan tanggung jawab utama dari seorang luluan perguruan tinggi baik seorang magister, sarjana, maupun ahli madya, yakni untuk selalu memiliki mental kebermanfaatan. Selain itu, Rektor juga berpesan agar lulusan selalu memiliki arah atau visi dalam hidup dan mengabdi di lingkungan masyarakat. “Setelah memiliki mental kebermanfaatan, ada satu hal lagi yang harus kita hadirkan dalam usaha meraih kemajuan. Hal tersebut adalah arah, atau kita sering meyebutnya dengan visi. Visi adalah bagaimana kita melihat diri kita di masa yang akan datang. Di mana kita ingin berada, sejauh mana kita melangkah, apa yang kita raih di tahun-tahun yang akan datang—semua merupakan bagian dari visi hidup kita,” tegasnya.

 

Kata Sambutan juga disampaikan oleh Sekretaris LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan, Dr. Drs. Muhammad Akbar, M.Si yang dalam sambutannya mengingatkan para lulusan untuk terus mengingat dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari—apa yang menjadi ciri khas dan keunggulan seorang lulusan perguruan tinggi, yakni penerapan scientific method atau metode ilmiah. Menjelang akhir dari kata sambutannya, Sekretaris LLDIKTI juga mengomentari mengenai keunggulan perguruan tinggi yang ada di bawah naungan organisasi Muhammadiyah, khususnya UM Banjarmasin yang kini telah terakreditasi Baik Sekali. “Bersyukurlah Saudara-saudara, para wisudawan, menjadi alumni dari Universitas Muhammadiyah Banjarmasin yang sudah terakreditasi Baik Sekali,” ujarnya. Ia juga menimpali mengenai fakta bahwa di hampir semua daerah terdapat perguruan tinggi Muhammadiyah, dan khususnya di wilayah Kalimantan yang secara langsung berada di bawah koordinasi LLDIKTI Wilayah XI, perguruan tinggi Muhammadiyah, secara mayoritas, menjadi yang terdepan. “(Berkunjung) ke suatu kota, apabila tidak ada perguruan tinggi Muhammadiyah, jujur, saya rasanya ada yang kurang. Saya merasakan itu. Karena itulah, fakta menunjukkan, data kami, perguruan tinggi terbaik khusus di wilayah Kalimantan Selatan, didominasi oleh perguruan tinggi di bawah Muhammadiyah. Saya tidak memuji-muji, tapi saya bicara fakta,” komentarnya.

 

Para tamu undangan lainnya yang turut berhadir dan menyampaikan kata sambutan antara lain adalah Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Sekretaris Dinkes, H. Sukamto, SKM., M.Kes; Plt. Ketua Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPW PPNI) Provinsi Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Sekretaris Dewan Pertimbangan DPW PPNI Provinsi Kalsel, H. Iswantoro, S.Kp., MM; dan Ketua Pengurus Daerah Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Kalimantan Selatan, Supri Nuryani, S.ST., M.Kes.

 

Acara Wisuda dan Angkat Sumpah berjalan dengan lancar dan khidmat dari awal hingga akhir. Siaran tunda acara Wisuda dan Angkat Sumpah dapat disaksikan di Channel YouTube Universitas Muhammadiyah Banjarmasin melalui tautan berikut: https://www.youtube.com/watch?v=vZSLRkgIBMk(Frd.)

Bagikan melaui Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

Berikan Komentar

Proses...