Menu

Melakukan Inovasi Melalui PKM-K Dengan Pistia White’s Pemutih Gigi Non Alkohol Antibakteri Dan Antioksidan Berbahan Dasar Tanaman Apu-apu

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Fakultas Farmasi. PROGRAM STUDI S1 Farmasi : Melakukan inovasi melalui PKM – K Dengan Pistia White’s Pemutih Gigi Non Alkohol Antibakteri dan antioksidan berbahan dasar tanaman apu apu

Inovasi dan semangat kewirausahaan mahasiswa telah membawa perubahan ke dunia kosmetika. Sekelompok mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Banjarmasin telah mengukir prestasi luar biasa dengan melakukan inovasi dan memanfaatkan potensi yang ada di daerah kota banjarmasin yaitu tanaman apu apu dengan membuat produk “pistia white’s pemutih gigi non alkohol dengan antioksidan dan antibakteri berbahan dasar tanaman apu apu” melalui program kreativitas mahasiswa atau PKM-K. Dalam artikel ini, kita akan membahas peran produk pistia white’s dalam dunia kosmetika dan keunggulan dari produknya.

“Penampilan Mempengaruhi kepercayaan diri seseorang” Di Indonesia fisik sudah menjadi tolak ukur dalam penilaian seseorang, dimana tidak dapat dipungkiri penampilan fisik yang menarik dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang termasuk kebersihan dan kesehatan gigi. Dimana menjaga gigi agar tetap putih dan sehat adalah suatu hal yang sulit di Indonesia dengan masyarakat yang suka ngemil dan makan-makanan yang dapat membuat perubahan pada warna gigi. Sebagian masyarakat beranggapan bahwa perawatan gigi memerlukan biaya yang cukup mahal. Hal tersebut mendasari kami berinisiatif untuk melakukan penelitian gel pemutih gigi dari bahan alam yang memiliki harga ekonomis,  dan bisa menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin memiliki gigi yang putih tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal ke dokter gigi.

Pemutih gigi non alkohol berbahan dasar tanaman apu apu, dan memilik khasiat antibakteri dan antioksidan Gel pemutih gigi non alkohol berbahan dasar alami tanaman gulma apu apu adalah produk perawatan untuk gigi berbahan dasar alami yaitu ektrak gulma apu apu yang mengandung aktivitas antioksidan yang dapat membantu memutihkan dan mencerahkan gigi, antioksidan yang dimiliki tergolong sedang dengan IC50 sebesar 147,58 ppm berdasarkan data penelitian.

Sekelompok mahasiswa Universitas Muhammadiyah Banjarmasin telah mengembangkan produk kosmetika untuk gigi berbentuk sediaan gel yang diberi nama “Pistia White’s”. Mereka telah melakukan riset dan pengembangan terkait dengan kandungan dari gulma apu apu dan merancang formula yang sempurna. Sehingga beberapa kali digunakan sudah terbukti bisa mencerahkan hasil dari formulas tersebut. Mereka juga menciptakan pemasaran produk di berbagai market place untuk memperkenalkan produk gel pemutih gigi ini di masyarakat dan menggunakan tagline “Tampil Percaya Diri dengan Pistia White’s pemutih gigi” yang mana ini merupakan teknik marketing 2.0 – 4.0 dalam dunia marketing. Kemasan dengan berwarna hijau yang menunjukan bahwa produk alamiah.

Tim PKM – K pistia white’s gel pemutih gigi non alkohol berharap pemutih gigi mereka bisa menjadi alternatif masyarakat dalam perawatan estetika gigi, karena ke dokter memerlukan biaya yang cukup mahal dan sulit, maka mereka berharap produk ini bisa menggantikan atau menjadi alternatif permasalahan gigi di masyarakat dengan harganya yang murah dan mudah digunakan, dan mereka juga berharap produk ini juga menjadi produk unggulan 5 tahun yang akan datang baik skala Nasional maupun Internasional.

Bagikan melaui Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

Berikan Komentar

Proses...