Menu

ROMANKES (Role Play Mamanda Kesehatan) Mampu Merubah Sikap Dan Karakter

Cegah Timbulnya Perundungan!! Lima Mahasiswa Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, melakukan pengabdian masyarakat kepada siswa/siswi SMAN 5 Banjarmasin.

Melalui Program Kreatifitas Mahasiswa yang diadakan oleh kemenristekdikti Lima mahasiswa ini terpilih kedalam seleksi 5.102 proposal yang lolos pendanaan. dengan ketua tim Muhammad Ferdy Baihaqi beranggotakan Alina Rahmah, Fitriani, Mirza Adiwidya Puspita Sari, Sonia. Dengan dosen pendamping Bapak Yustan Azidin, Ns., M.Kep. 

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk memberikan edukasi dan pemahaman dengan metode ROMANKES (Role Play Mamanda Kesehatan) Sebagai Support System Interaksi Sosial dan Kesadaran Bullying Pada Siswa SMAN 5 Banjarmasin.

Saat ini bullying menjadi masalah darurat kesehatan masyarakat, pada umumnya perilaku ini sering terjadi pada anak-anak remaja yang dilakukan secara sengaja dan berulang oleh pelaku yang dapat mempengaruhi fisik dan psikologis korban dikemudian hari.

Sesuai dengan perkataan mendikbudristek Nadiem Makarim, bahwa Indonesia memiliki urgensi besar untuk segera mengatasi perundungan yang ada di lingkungan suatu pendidikan secara efektif dan berkelanjutan.

Lima mahasiswa ini menjadikan salah satu kebudayaan daerah yang ada di Kalimantan Selatan yaitu MAMANDA menjadi media role play untuk menyelipkan pesan moral tentang pentingnya pencegahan bullying atau perundungan di kalangan siswa siswi SMA.

Harapannya dengan metode ROMANKES ini selain sebagai pertunjukan untuk melestarikan kebudayaan daerah juga dapat menjadi salah satu metode yang berperan besar dalam perubahan sikap dan karakter. Sesuai dengan  selogan yang selalu diucapkan oleh Dekan Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan UM Banjarmasin yaitu Terdepan, Selalu terdepan, Semakin terdepan. Terutama dalam upaya pencegahan tindakan pembulyan dikalangan anak-anak remaja di Kalimantan Selatan Khususnya didaerah Banjarmasin Ucap Lima Mahasiswa ini.

Bagikan melaui Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

Berikan Komentar

Proses...