UM Banjarmasin, 30 Mei 2024 – Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin sukses melaksanakan kegiatan Asesmen Lapangan (AL) selama dua hari, yakni pada tanggal 30-31 Mei 2024. Kegiatan yang diadakan di Aula Ulfah Hidayati, lantai 4 Kampus Utama UM Banjarmasin ini merupakan bagian penting dari proses evaluasi dan akreditasi program studi.
Tim Asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) yang ditugaskan untuk melaksanakan asesmen ini terdiri dari dua pakar terkemuka, yaitu Prof. Dr. Anas Ahmadi, S.Pd., M.Pd. sebagai Asesor 1 dan Dr. Nensilianti, S.Pd., M.Hum. sebagai Asesor 2. Kedua asesor ini memiliki pengalaman luas dalam melakukan evaluasi dan peningkatan mutu pendidikan di berbagai institusi pendidikan tinggi.
Asesmen lapangan ini bertujuan untuk menilai secara menyeluruh kualitas penyelenggaraan pendidikan di Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Indonesia. Evaluasi ini mencakup berbagai aspek penting seperti kurikulum, fasilitas, sumber daya manusia, dan proses pembelajaran yang dijalankan oleh program studi.
Kegiatan asesmen dimulai dengan perkenalan dan penjelasan singkat mengenai agenda asesmen oleh tim asesor. Selanjutnya, tim asesor mengadakan sesi wawancara dengan berbagai pihak terkait. Sesi wawancara ini melibatkan dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan di lingkungan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Indonesia. Wawancara bertujuan untuk menggali informasi mendalam mengenai proses pembelajaran, metode pengajaran, dan kendala yang dihadapi dalam penyelenggaraan program studi.
Setelah sesi wawancara, tim asesor melakukan peninjauan terhadap fasilitas yang dimiliki oleh program studi. Peninjauan ini meliputi ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, dan fasilitas pendukung lainnya. Tim asesor juga mengevaluasi ketersediaan dan kualitas sarana prasarana yang digunakan dalam proses pembelajaran.
Pada hari kedua, kegiatan difokuskan pada presentasi dari pihak Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Indonesia. Pihak program studi memaparkan berbagai pencapaian, inovasi, serta upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Presentasi ini mencakup data dan informasi mengenai kurikulum, kegiatan akademik, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta kerjasama dengan berbagai pihak.
Setelah presentasi, tim asesor memberikan penilaian dan masukan berdasarkan temuan-temuan yang didapat selama asesmen berlangsung. Tim asesor memberikan rekomendasi yang konstruktif untuk perbaikan dan pengembangan program studi di masa mendatang. Rekomendasi ini mencakup berbagai aspek, mulai dari peningkatan kualitas kurikulum, penguatan kompetensi dosen, hingga perbaikan fasilitas pendukung pembelajaran.
Kegiatan Asesmen Lapangan ini berjalan dengan lancar dan mendapat respons positif dari seluruh peserta. Tim asesor memberikan apresiasi atas kerja keras dan dedikasi yang ditunjukkan oleh seluruh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Mereka juga menekankan pentingnya upaya berkelanjutan dalam meningkatkan mutu pendidikan agar dapat mencapai akreditasi yang lebih baik.
Hasil dari asesmen ini diharapkan dapat menjadi landasan penting bagi Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Indonesia dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan. Dengan adanya rekomendasi dan masukan dari tim asesor, program studi dapat melakukan perbaikan yang diperlukan untuk memenuhi standar akreditasi yang lebih tinggi.
Kegiatan asesmen ini juga menjadi momentum bagi Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Indonesia untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan demikian, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mencetak tenaga pendidik yang berkualitas dan kompeten di bidang Bahasa Indonesia. (rh).